Jumat, 13 November 2015

KENAPA SAYA HARUS MENULIS


KENAPA SAYA HARUS MENULIS

 

Sebelum saya memberi jawaban kenapa saya harus menulis? Saya akan mencoba menerangkan apa itu defenisi dari kata “menulis” itu sendiri.

Sebenarnya banyak definisi dari menulis itu sendiri beberapa dari artikel yang saya baca pun akan saya coba tuangkan disini.

Beberapa pengertian menulis menurut para ahli yang saya baca:

1.       Djago Tarigan

Menulis adalah kegiatan menuangkan atau mengekspresikan secara tertulis ide/gagasan, pendapat, pikiran maupun perasaan kita.

 

2.       Sumarno

Menulis yaitu meletakkan simbol grafis yang mewakili bahasa yang dimengerti orang lain.

 

3.       St. Y. Slamet

Menulis merupakan keterampilan yang sukar dan kompleks.

 

4.       M. Atar Semi

Menulis adalah suatu proses kreatif memindahkan gagasan ke dalam lambang – lambang tulisan.

 

5.       Burhan Nurgiantoro

Menulis merupakan aktivitas aktif produktif, yaitu aktivitas menghasilkan bahasa.

 

Dan defenisi menulis secara umum adalah merupakan kegiatan berupa penuangan ide/gagasan dengan kemampuan yang kompleks melalui aktivitas yang aktif produktif dalam bentuk simbol huruf dan secara sistematis sehingga dapat dipahami oleh orang lain.

 

Dari keterangan diatas saya pribadi menyimpulkan bahwa MENULIS adalah kegiatan dalam menuangkan segala ide, pikiran , kreatifitas , pendapat , persaan yang kita rasakan dalam bentuk simbol huruf ataupun angka yang kita sebut dengan kalimat.

 

Setiap orang bisa menuangkan apapun yang mereka inginkan dengan tulisan. Terutama ketika kita tak bisa mendapatkan teman bicara hal yang bisa lainnya kita lakukan adalah dengan menulisnya. Menulis bukan hanya simbol huruf, angka pun bisa dinyatakan sebagai simbol tulisan untuk saya.

 

Karena menurut saya simbol angka bagi seorang akuntan atau seorang pekerja banker dan bagian keuangan. Angka merupakan ungkapan dari pendapat mereka untuk memberikan suatu informasi bagi orang yang memerlukannya. Hanya saja mungkin dalam penulisan angka tidak menggunakan perasaan. (Hehe becanda sedikit gapapa kan)

Dan informasi dari angka itu sendiri akan berubah menjadi sebuah Laporan Keuangan yang akan memberikan informasi atau memberitahu tentang keadaan dari perusahaan mereka sendiri.

 

Baik lah setelah definisi saya juga akan memberi tahukan sedikit dari Tujuan Menulis itu sendiri sebelum saya memberi tahukan alasan Kenapa Saya Harus Menulis.

 

Dari artikel yang sama juga saya akan merangkum sedikit apa itu Tujuan Menulis. Bukan saya tidak mau dengan artikel yang lain, hanya saja yang ini sedikit mudah untuk saya pahami.

 

Menurut 2 ahli berikut ini tujuan menulis adalah :

1.       M. Atar Semi, tujuan menulis adalah

a.       Untuk menceritakan sesuatu

b.      Untuk memberikan petunjuk atau pengarahan

c.       Untuk menjelaskan sesuatu

d.      Untuk meyakinkan

e.      Untuk Merangkum

 

2.       Elina, Zulkarnaini dan Sumarno, tujuan menulis yaitu

a.       Menginformasikan

b.      Membujuk

c.       Mendidik

d.      Menghibur

 

Dan saya juga rangkum sedikit tentang pembelajaran dari KOM 4D (11/11/15) kemarin bahwa tujuan dari menulis adalah

1.       Memberikan manfaat kepada orang banyak

(Kalau ini sih menurut saya bagaimana tentang yang di tulis ya. Kalau positif pasti memberi manfaat tapi kalau negatif ya, mungkin cuma mudarat).

2.       Lebih Pede

(Kalau ini seandainya kita memang berhasil menjadi seorang penulis pasti Pede. Kenapa? Ya iyalah kita banggakan sama hasil karya kita kalau udah terbit).

3.       Menguatkan Branding

4.       Amal Jariyah

(Kenapa amal Jariyah? Karena kalau tulisan kita bermanfaat dan mendidik atau membagikan ilmu kita pastinya lah merupakan suatu pahala yang tiada putusnya walau kita nanti hanya tinggal nama).

5.       Meninggalkan Jejak untuk orang yang kita cintai

6.       Menambah Penghasilan

7.       Memperbaiki Keadaan

(Maksudnya gimana ya memperbaiki keadaan. Emang dari menulis bisa memperbaiki keadaan? Dan dari coach kami kemarin menjelaskan bahwa di buku Das Kapital Karl Mark berhasil mempengaruhi negara – negara eropa untuk menjadi sosialis. Sedangkan, di buku Charles Darwin The Origin of Species telah berhasil membunuh banyak kulit hitam dengan alasan kulit hitam adalah manusia yang belum sempurna).

 

          Jadi kembali ke tema KENAPA SAYA HARUS MENULIS ?

Karena saya ingin mengungkapkan, mengekspresikan yang tidak bisa saya ungkapkan atau saya ekspresikan secara langsung kedalam seni tulisan. Baik itu hanya berupa ide, opini, perasaan. Kalau kita tidak bisa untuk mengungkapkan nya maka menulislah jalan satu – satunya yang bisa membantu kita.

Dengan definisi dan tujuan yang terjabar diatas keinginan saya untuk menulis juga karena saya ingin tulisan saya berguna dan bermanfaat kelak untuk orang banyak. Saya ingin menjadi seorang contoh, panutan dengan keberhasilan yang tidak mudah. Ya, walaupun saya sekarang masih dalam tahap perintisan. Tapi mempunyai mimpi tidak lah salah kan.

Kenapa saya harus menulis? Karena saya ingin mencapai semua tujuan tujuan dari menulis itu sendiri.  Bahwa menulis sesungguhnya bukan hanya sekadar hanya menulis.

Tapi niat besarlah yang menyebabkan kita harus menulis.

Niat yang untuk memperbaiki sesuatu yang salah dari pemahaman seseorang yang bisa merugikan orang banyak. Niat memberikan hiburan positif bagi siapapun. Itulah kenapa saya harus menulis.

1 komentar:

  1. Semangat menulis kakak.. :-)

    Salam kenal ya..
    saya Ronny Depu KMO 4 juga

    Saling baca tugasnya ya..
    Ini tugas saya ->> http://bit.ly/tugas1KMO

    www.ronnydepu.com

    BalasHapus